M R T, dari namanya kita sudah dapat mengendus kebisingan ibukota yang menjadi latar belakang kegiatan penduduknya sehari-hari. Mereka adalah unit grunge asal Jakarta yang beranggotakan Dimas (vokal), Shoni (gitar), Runsid (bass), dan Ajo (drum). Debut albumnya yang bertajuk REVOKE/REPENT telah dirilis melalui label Rekaman POTS pada bulan Januari 2018 lalu yang dilanjutkan dengan rangkaian REVOKE/REPENT TOUR pada Juli-Agustus 2018  meliputi 8 kota di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tepat dinihari tadi, tanggal 7 Juni 2019, M R T merilis single terbarunya yang bertajuk ‘City Lights’ melalui berbagai platform seperti Spotify, Joox, Apple Music dan Deezer. Ketika kami mendengar lagu itu untuk pertama kalinya, untuk sejenak, kami turut merasakan bagaimana rasanya menjadi warga Jakarta. Kami seperti dihadapkan dengan situasi ketika pikiran terus-menerus dirundung kecamuk pertempuran tanpa henti dengan diri sendiri. Hingga pada suatu titik terlayangkanlah sebuah pertanyaan, “Kapan semua ini akan berakhir?”.

 

The lost souls; they ignite.
As the city lights…
So come on, dance tonight
Forget all your reprise
Burn my skin, the way you want it, oh
Burn my skin

 

‘City Lights’ merupakan sebuah rangkuman titik kulminasi dari seluruh konflik yang telah terjadi. Lagu ini bertindak sebagai anthem penyelesaian yang harus dijalani oleh seseorang. Bermandikan cahaya lampu kota di gelapnya malam, elemen-elemen tersebut menemani langkah-langkah pincang dari seseorang yang mencoba untuk berdamai dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu. Berjalan menuju sebuah awal yang baru. Satu pagi yang, diyakini, baru. “Manusia harus berani pasrah. Manusia harus berani melupakan. Di depan sana masih ada banyak kebahagiaan dan rintangan yang akan menyambut.”, kurang lebih seperti itulah yang disampaikan oleh Shoni untuk menggambarkan suasana yang dirangkumnya ke dalam ‘City Lights’.

Dari segi musik, perbedaan yang terasa pada single ini dibanding lagu-lagu sebelumnya diantaranya adalah unsur gitar akustik yang dominan dan tanpa distorsi. Sebagai penguat rasa, M R T dibantu pula oleh Arrend Michiels, pemain biola dari Grup Kerontjong Toegoe yang sebelumnya juga pernah menyumbang sayatan senarnya di lagu ‘Blindman’ pada album Revoke/Repent (2018). ‘City Lights’ pertama kali dibawakan pada perhelatan Ruang Tamu Vol. 1: M R T Unplugged pada 19 Oktober 2018 lalu di Pavilliun 28, Jakarta dan direkam oleh Firas Raditya (Rachun/The Sidhartas).

Lagu ini adalah sebuah jembatan menuju babak baru bagi M R T. Sebuah langkah awal menuju album kedua yang sedang mereka garap. Kemudian, bagi yang ingin menyaksikan mereka secara langsung, di waktu dekat ini yaitu pada tanggal 9 Juni 2019 mereka akan bermain di helatan Jakarta Fair. Untuk itu, mari kita pantau langkah-langkah berikutnya dari M R T, dan semoga setiap malam akan selalu bertemu dengan pagi.

 

Teks oleh Riki Rinaldi
Foto diambil dari arsip M R T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *