Tahun 2018, Playtime Festival berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 6 – 8 Juli 2018 di kawasan Gachuurt, sekitar 20 km dari Ulaanbaatar, Mongolia. Kawasan penggunungan dan danau di Gachuurt menjadikan Playtime Festival ini sebagai  agenda musik tahunan yang banyak dikunjungi tidak hanya oleh anak muda Mongolia, namun juga dari China, Korea Selatan hingga Russia. Tahun ini, Indonesia diwakili oleh Bottlesmoker dan juga Lightcraft yang akan tampil masing-masing di panggung utama Playtime Festival pada tanggal 7 Juli 2018.

Selain di panggung utama, Bottlesmoker dijadwalkan akan bermain bersama Mandala Yoga, sebuah kelompok yoga dari Mongolia untuk mengisi sesi ecstatic dance. Bottlesmoker akan mengiringi musik dalam sesi tersebut yang akan berlangsung pada tanggal 6, 7 dan 8 Juli di area Waldo Tent, Playtime Festival.

“Kami bersyukur bisa melangkah lebih jauh dan lebih tidak tertebak lagi untuk mengenalkan musik ini. Album Parakosmos memberi banyak tempat baru bagi kami, ini memberi banyak motivasi untuk tetap meyakini keunggulan local wisdom”, tutur Angkuy, salah satu personil Bottlesmoker.

Di kunjungan perdana ke Mongolia ini, Bottlesmoker berharap bisa membuka jaringan baru untuk memperkenalkan musik mereka lebih luas. Selain itu juga kesempatan ini bisa menjadi “pintu” pertama untuk dibukakan bagi band-band Indonesia lainnya.

“Bottlesmoker dan Lightcraft beruntung bisa jadi band pertama Indonesia yang bermain di Playtime Festival Mongolia ini, tentu saja ini harus jadi pintu yang terbuka lebar untuk teman-teman di Indonesia lainnya supaya bisa bermain di sana”, tutur Nobie, personil Bottlesmoker yang lain..

Dalam perjalanan ini, duo ini juga menjalankan program Outlab Trip, yaitu program edukasi di bidang dokumentasi perjalanan. Bottlesmoker membawa pemenang Outlab Trip; Saska Gladina Paloma untuk mengikuti perjalanan Bottlesmoker selama di Mongolia. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *